MATERI TENTANG OTAK KANAN

OTAK MANUSIA
APAKAH OTAK ITU?
Otak dalam bhs Inggris ialah is Brain yaitu masa jaringan syaraf di dalam tengkorak. Bagian syaraf pusat berada dalam tulang tengkorak terdiri atas otak depan, tengah dan belakang, berkembang di bagian anterior tabung neural embrionik.
Besarnya ? Tidak lebih besar dari seuntai anggur, lebih kecil dari buah kol. Beratnya kurang dari 1,5 kg. Namun lebih hebat daripada computer terhebat di dunia. Dan otak tsb adalah milik kita. Otak membuat kita sebagai manusia yang sangat unik.
Tony Buzan seorang pakar psikologi dan memory menyatakan “ Otak terdiri dari trilyunan sel otak. Setiap sel otak adalah seperti gurita kecil yang begitu komplek, ia memiliki sebuah pusat dengan banyak cabang dan setiap cabang memiliki koreksi.
Bagaimana cara kerja otak ? Ternyata otak seperti otot. Otot berkembang jika dilatih dan digunakan secara teratur. Otot akan mengendor jika tidak digunakan. Otak manusia yang seperti otot itu akan berkembang bila sering digunakan. Otak berkembang dengan cara sering digunakan.
Dengan menggunakan otak, merangsang dan menantangnya akan semakin banyak sel otak yang mulai berkomunikasi satu sama lain. Dan ini akan membentuk jaringan kerja baru melalui koreksi Sinaptis. Hasil kerja otak inilah yg membedakan kita dari binatang.

Gbr otak yang dirangsang

Gbr otak yang tidak dirangsang.

Mengapa otak penting ?

Ada 2 alasan yaitu:
1. Secara biologis otak adalah pusat bagi semua aktifitas tubuh, baik itu kegiatan sadar maupun tidak sadar.
2. secara simbolis, otak diposisikan pada bagian tubuh teratas dan menempati posisi paling tinggi dari semua organ tubuh. Ia disimpan dalam batok kepala yang berlapis-lapis dan sangat kuat. Juga direndam dalam cairan.

MEMORI

Memori kita hebat, dahsyat dan luar biasa
Dr Yibb dari Malaysia , mampu mengahafal seluruh isi kamus mulai urutan kata, arti kata sekaliagus nomor halamannya. Di Indonesia Gus Dur, dikenal mampu menghapal ratusan bahkan ribuan nomor telepon. Kemudian Mas Irwan widiatmoko mampu mengingat 800 angka acak dalam waktu 60 detik. Semua memori baru atau lama tersimpan dalam kulit otak yang bentuknya seperti gulungan. Sedemikian luar kulit otak sementara wadah penampungannya hanya sebesar tengkorak kepala, maka kondisi itu disiasati dengan melipat diri dan masuk di sela-sela komponen lainnya. Proses melipat diri terjadi secara sempurna seiring dengan perkembagan otak. Semakin sempurna lipatannya, ditandai dengan semakin banyaknya girus ( tonjolan) dan Sulkus lekukan, semakin cerdas pemiliknya. Ini karena semakin banyak informasi yang disimpan.

Perbedaan memori dan daya ingat.

Memori kita menyimpan apapun dan hanya mengingat apa yang diperlukannya, yang mempunyai arti dalam hidup kita.
Menurut Mikels, banyak orang mulai kehilangan kemampuan mereka mengingat saat mereka beranjak tua karena berhenti “menandai”. Menandai maksudnya, Tanda merupakan peristiwa baru dalam hidup kita yang menarik dan menyenangkan atau berkesan. Peristiwa itu berlaku sebagai penghubung bit-bit informasi dalam rantai memori.

Tehnik Mengisi Memori

Pada umumnya informasi yang menancap di kepala atau sangat mudah diingat adalah informasi yang meliputi satu atau lebih dari delapan unsur :
Indra, Intens, Emosional, Lain sendiri, Kemampuan untuk bertahan, Keutamaan pribadi, pengulangan dan pertama serta terakhir.

Jurus – Jurus Daya Ingat Super

Ada beberapa teknik atau jurus-jurus jitu untuk menghafal cepat yaitu :
System cerita, s. Pengganti, S. Lokasi/ Loci, s. angka dan S. Kalimat

Sistem Cerita

System cerita merupakan system dasar yang harus dikuasai karena merupakan dasar untuk menerapkan system – system lainnya.
Latihan awal untuk system ini adalah dengan teknik bayangan kita akan menggabungkan aktifitas otak kiri yang membaca urutan-urutan dengan aktifitas otak kanan yang membayangkan benda-benda tersebut.

Contoh Gajah :
– Bayangkan seekor gajah
– Bayangkan Gajah tersebut Besar dan gemuk
– Bayangkan Gajah tersebut Masuk ke dalam gelas
– Bayangkan gajah tersebut naik ke atas Meja
– Bayangkan gajah tersebut makan snack yang ada di meja
– Bayangkan gajah tersebut kekenyangan
– Bayangkan Gajah tersebut duduk di atas kursi

Apabila harus mengingat urutan beberapa benda, maka kita dapat membuat cerita dengan merangkaikan benda pertama dengan benda ke dua, kemudian benda ke tiga dst.
Contoh : Buku – Burung – Telor – Mobil – Tas
Nah sekarang cara buat ceritanya dari kelima benda tersebut.
Perhatikan Tip-tips

1. Tip Sistem Cerita

– Rangkaiakan 2 benda menjadi cerita singkat
– Gunakan predikat yang berubah-ubah
– Cerita terebut harus mempunyai aksi dan tindakan
– Mempunyai unsur lucu, tidak masuk akal, aneh atau keterlaluan yang mudah diingat
– Hindari cerita yang panjang, ruwet dan tampak aksi.

1. Tip Sistem Memory Sport

Sebenarnya,otak manusia itu seperti halnya otot. Jadi, apabila kita rajin berolahraga atau rajin mengolahragakan otot kita, tentu saja otot kita juga akan menjadi lebih kuat. Begitu juga dengan otak kita, apabila kita rajin mengolahragakan otak kita, maka sudah pasti otak kita pun akan menjadi lebih kuat. Begitu juga sebaliknya, jika kita malas dan tidak pernah mencoba mengolahragakan otot / otak kita, sudah tentu otot / otak kita pun akan menjadi lemah. Jadi, sangat disarankan agar kita senantiasa mengolahragakan otak kita.
Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengolahragakan otak kita? Anda cerdas, iya perlu anda tahu, salah satu cara yang dapat kita coba untuk mengolahragakan otak kita adalah dengan cara memory sport. Anda tentu tahu TTS (teka teki silang). Nah, manfaatkacara / alat olahraga otak kita. Usahakan sesering mungkin untuk mengisi TTS, semakin rajin, maka akan semakin bagus hasilnya. Inilah cara yang paling gampang dan murah untuk mengolahragakan otak kita. Dengan anda mengisi TTS tersebut, maka secara tidak langsung otak anda akan menjadi sangat terlatih untuk dapat mengolah kata-kata dan mengingat.

2. Tip Sistem Pengganti

Di dalam mengafal kata, seringkali kita menemukan kata yang sulit untuk dibayangkan. Dengan system pengganti kita dapat mengganti kata tersebut dengan kata lain yang mirip bunyinya atau diplesetkan. Dengan sistem ini kita dapat menghapalkan banyak informasi dan fakta dengan mudah, antusias dan menyenangkan
Contoh :
– Phytagoras diplesetkan pita kertas
– Muzukasii = sukar —–memusuhi kekasih itu sukar
– Mali ibukota Bamako —- Pak Mali membawa sembako.
– Echinodermata = hewan berkulit duri —-E —-Chino main mata terkena duri
– Misbah = (arab = lampu ) wajahnya Misbah bersinar seperti lampu
– Dst
Contoh: 2
Dalam Sistem Cerita ini banyak melibatkan otak kanan, dimana otak kanan memiliki sifat long term memory. Untuk menghafalkan beberapa benda, teknik ini dilakukan dengan cara membayangkan benda-benda tersebut, lalu merangkaikannya menjadi sebuah cerita yang dihubungkan satu sama lain.
– Misal untuk menghafalkan :sepeda motor, kuda, pedagang, cambuk, anjing, dan guci…
– (sambil membayangkan = otak kanan bekerja) menjadi seperti ini : “…. sebuah sepeda motor menyerempet seekor kuda, srett.. sehingga kuda tersebut menendang keranjang buah, dugk.. pedagang buah marah-marah lalu mengambil cambuk, ctarr… cambuk dipukulkan mengenai anjing, anjing lari menyenggol guci…”
– Menghafalkan: mobil, kambing, pengemis, tongkat, polisi, dan peluit
– :”sebuah mobil menabrak kambing brak…dilihat pengemis yang membawa tongkat datanglah polisi sambil membunyikan peluit prit….

3. Sistem Lokasi

System lokasi merupakan system ingatan yang telah digunakan sejak + 2.500 th yang lalu. Sistem ini sangat berguna terutama untuk membagi ingatan kita seperti di perpustakaan sehingga informasi yang kita simpan dapat terarsip rapi tanpa ada kekacauan, tetapi teratur dan berurutan.
Lokasi yang digunakan, bisa lokasi badan, atau lokasi¬ ruangan. Lokasi ruang bisa di dalam dan bisa di luar.

Contoh lokasi badan
1 Rambut 6 Leher
2 Mata 7 Tangan
3 Hidung 8 Perut
4 Mulut 9 Lutut
5 Telinga 10 Kaki

Latihan selanjutnya adalah menghafal 10 kata benda berikut :
1. Jam
2. Gula
3. Jarum
4. Kunci
5. Baju
6. Spidol
7. Sepatu
8. Kipas
9. Garpu
10. Air.

Masukkan ke 10 kata benda tersebut ke lokasi atau folder sesuai urutan. Bikin kalimat! Coba dan lakukan sekarang juga . Hasilnya ? Wowow dahsyat !!!

Tips –tips untuk system lokasi
– Gunakan lokasi yang sudah dikenal
– Susun lokasi menurut urutan
– Kelompokkan tiap 5 atau 10 pasak untuk tiap lokasi
– Lokasi boleh dicatat atau digambar
– Untuk mengingat informasi baru, gunakan lokasi baru.
Bikin kalimat:
1. Jam = ada rambut menempel di jam
2. Gula = mata saya perih kemasukan gula
3. Jarum = hidung saya lancip seperti jarum
4. Kunci = mulut tidak bisa bicara karena terkunci
5. Baju = telinga saya nggak dengar tertutup baju
6. Spidol = leher saya kaku seperti spidol
7. Sepatu = tangan saya memegang sepatu
8. Kipas = perut saya sakit minta dikipasin
9. Garpu = lutut saya bagaikan garpu
10. Air. = kaki saya dingin direndam di air

4. Sistem Angka

Sistem angka adalah cara mudah untuk menghafalkan urutan nomor dengan cara merubah angka menjadi kata. Dengan system ini maka susunan angka yang hanya dikenali oleh otak kiri dapat diubah menjadi rangkaian cerita yang dikenali oleh otak kanan. Landasannya berupa gabungan asosiasi visual bentuk nomor, bentuk huruf dan bentuk benda.
(contoh cara menghafal 99 asmaul husna)

5. Sistem Kalimat

System kalimat sebenarnya merupakan system cerita dan system lokasi lanjutan. Sistem ini untuk mengingat kalimat dengan cara membuat cerita imajinasi dari inti – inti suatu kalimat.

Tips- tip untuk system kalimat adalah :
– Cari kata kunci di kalimat
– Buat cerita imajinasi dari kata-kata kunci tersebut
– Bayangkan ceritanya
Contoh :
– Ada Sumo berjalan-jalan saat matahari terbit
– Ia bertemu dengan Shinto Gendheng yang sedang menyembah matahari
– Tiba-tiba matahari terbelah dan keluarlah Sumo kecil yang dianggap dewa
– Sumo kecil memberikan bunga sakura satu per satu kepada setiap orang
– Akhirnya bunga itu banyak dan membentuk bukit/ pegunungan yang penuh bunga.

Ayo tebak! Kira- kira cerita di atas tentang apa ?
Ternyata kita sedang bercerita tentang Negara Jepang.
– Olahraga Sumo berasal dari Jepang
– Jepang disebut Negara matahari Terbit
– Rakyat Jepang beragama Shinto
– Agama Shinto kepercayaan menyembah matahari
– Rakyat Jepang percaya kaisar adalah titisan dewa matahari
– Jepang disebut juga Negara Sakura
– Negara Jepang terdiri dari Perbukitan dan Pegunungan
Demikian kelima system yang dapat dipraktekkan untuk menghafal cepat dan efektif. Masing-masing teknik saling terkait, dan hampir tidak ada yang berdiri sendiri. Apalagi teknik bayangan, selalu harus ada ddalam setiap system yang lain. WhAT DO YOU THINK ?

6. Tip Sistem Relasi

Relation sistem adalah salah satu teknik mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara aksi. Relation sistem ini sangat sering digunakan untuk menghafal kan sebuah kalimat yang berpasangan seperti nama sungai dan provinsinya, nama negara dan ibu kotanya, vocabulary dan berbagai jenis kalimat berpasangan lainnya.

Untuk lebih memperjelas anda, silahkan simak contoh dibawah ini.
Contoh relation sistem :
Kerbau menabrak tong
Tina makan rujak
Dari contoh diatas, kita bisa melihat bahwa menabrak dan makan adalah relation sistem aksi. Aksi tersebut berfungsi sebagai kalimat utama pemicu untuk menarik dan memperjelas informasi yang ada didepannya. Sehingga informasi yang ada didepannya tidak akan lupa. Silahkan saja anda praktekkan.

FUNGSI OTAK KANAN & OTAK KIRI

Belahan Otak Kiri :

1. Berfikir secara sadar (consciouness)
2. Bernalar menurut logika.
3. Berfikir dengan kata-kata.
4. Memilah-milah.
5. Menganalisis.
6. Berfikir secara runut.
7. Mengatur dan mengendalikan emosi.
8. Selalu melihat perbedaan.
9. Senang bekerja sendiri.

Belahan Otak Kanan :

1. Ketidaksadaran (sub-consciousness).
2. Kreatif, intuitif, melibatkan emosi.
3. Berfikir dalam bentuk gambar.
4. Melihat keseluruhan.
5. Menggabungkan, sintesis.
6. Berfikir secara menyeluruh.
7. Spontan dan bebas dalam mengekspresikan emosi.
8. Selalu melihat persamaan.
9. Senang bekerja dalam team.


TRIK MENGASAH OTAK KANAN

Trik Mengasah Otak Kanan Kita

1. Eight game
Pura-puralah menulis angka delapan tidur atau simbol ? di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskanlah permainan ini setelah sarapan, selama dua menit setiap hari.

2. Thumb game
Acungkanlah jempol tangan kiri dan kelingking …tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan. Sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskanlah permainan ini bersama teman-teman setelah makan siang, selama dua menit setiap hari.

3. Pattern game
Gambarlah pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, ke arah dalam, luar, atas, dan bawah. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, permainan unik ini juga dapat menggali potensi visual. Cobalah permainan ini selama dua menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

4. Specific crawl
Gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balaslah, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Idealnya, siku tangan menyentuh lutut. Iringi pula dengan lagu favorit. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membuat pikiran terbuka terhadap hal-hal yang baru. Cobalah gerakan ini secara 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

5. Specific posturing
Bertumpulah di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke depan. Posisi ini bertujuan untuk mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus. Cobalah posisi ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

6. Specific relaxing
Tip ini khusus anak-anak. Pertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Biasakan pula posisi ini ketika anak tidur. Semakin dini, semakin baik. Biasakan pula posisi ini ketika anak sakit, sambil dipeluk oleh orang tua. Dengan demikian, otak anak berada dalam frekuensi alpha dan anak akan merasa damai karenanya.

7. Rotated reading
Balikkan sebuah tulisan (atas bawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini selama 2 menit setiap hari.

9. Left-handed handling
Peganglah gagang pintu dan bukalah pintu dengan tangan kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.

10. Left-handed brushing
Gosoklah gigi dengan tangan kiri pada pagi hari. Untuk sore atau malam hari, tetaplah menggosok gigi dengan tangan kanan. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.

11. Left-handed writing
Tulislah nama panggilan Anda dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana pada hari ke-3 Anda dapat menulisnya dengan sangat mudah.

12. Left-handed signing
Buatlah tanda tangan Anda dengan tangan kiri di atas sehelai kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana 2 dari 10 tanda tangan tersebut menyerupai bentuk aslinya.

Sumber:kemonbaca.blogspot.com


CARA MENGETAHUI MANA YANG LEBIH DOMINAN,
OTAK KIRI ATAU KANAN

Untuk mengetahui kecenderungan otak anak anda, mana yang lebih dominan dalam bereaksi, lakukan test berikut ini :
• Minta angkat kedua tangan Anda.
• Kemudian minta ia menggoyang goyangkan dan lemaskan jemari-jemari tangan anak Anda.
• Kemudian pertemukan jemari tangan kanan dengan jemari tangan kiri sehingga persis dalam posisi orang yang hendak berdoa atau memohon.
• Setelah jemari anak Anda saling menggenggam, coba lihat posisi ibu jadi yang berada paling atas.
• Apakah ibu jari tangan kiri atau ibu jadi tangan kanan?
• Jika ibu jari kiri yang di atas maka anak Anda adalah dominan otak kiri.
Inilah mengapa seringkali banyak yang bermasalah dengan belajar di sekolah. Berdasarkan penelitian, ternyata kebanyakan sistem belajar mengajar di sekolah masih menggunakan pola dan cara yang dominan otak kiri. Sementara otak kanan dan otak kiri manusia memiliki perbedaan cara kerja yang sangat jauh bahkan saling bertentangan, atau mungkin lebih tepatnya otak kanan dan otak kiri ada untuk saling melengkapi kekurangan masing masing.

Semangat berpikir anak akan tumbuh jika dirinya mengetahui bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien. Sekarang ini banyak sekali metode belajar yang ditawarkan sekolah dan tempat kursus. namun yang terbaik adalah metoda belajar yang berdasarkan cara kerja alami otak manusia. Metode ini tepat karena mengajarkan anak belajar dengan menggunakan kadua belahan otak yaitu otak kiri dan otak
kanan. Dimana selama ini metoda belajar di sekolah hanya melibatkan otak kiri.

MENGAPA HARUS DENGAN OTAK KANAN ?
Sebelum menjawab pertanyaan “mengapa harus dengan otak kanan?” kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu otak. Otak merupakan pusat kontrol pengendali tubuh Anda. Dimana otak pula lah yang mengendalikan bagaimana cara kita berfikir, berinteraksi, bekerja, memerintah anggota tubuh lainnya dan kegiatan-kegiatan lainnya. Seandainya paru-paru atau bahkan jantung Anda berhenti bekerja untuk beberapa menit/detik, Anda masih dapat bertahan hidup. Namun apabila otak Anda berhenti bekerja walaupun hanya satu detik saja, maka dapat dipastikan tubuh Anda akan mati. Itulah alasannya mengapa otak disebut sebagai organ terpenting dalam organ tubuh manusia.
Kemudian setelah mengenal apa itu otak dan seberapa besar pengaruh otak terhadap kehidupan manusia, kita juga mengenal Otak Kanan dan Otak Kiri. Meskipun keduanya sama-sama terdapat dalam satu organ tubuh yaitu otak, namun fungsi dan manfaat dari keduanya berbeda jauh. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan keduanya, berikut perbandingannya.
• Otak Kanan : otak kanan ini memiliki beberapa sifat seperti lebih fleksibel, menerima hal-hal baru yang terkadang tidak logis, imajinatif, penuh inovasi, kreatif, dan dilakukan secara tidak sadar berdasarkan kebiasaan-kebiasaan. Biasanya orang-orang yang lebih dominan otak kanan, cenderung akan melakukan hal-hal yang baru serta melakukan sesuatu berdasarkan pada keyakinan yang terdapat di alam bawah sadarnya.
• Otak Kiri : berbeda jenis tentu berbeda sifat. Otak kiri memiliki sifat kaku, sistematis, logis dan dilakukan secara sadar dan penuh dengan alasan. Apabila seseorang cenderung mendominasi otak kiri, maka setiap tindakan yang dilakukannya akan dilakukan berdasarkan pada urutan-urutan, ikut-ikutan, dan yang lebih berbahaya lagi mereka-mereka yang mendominasi otak kiri cenderung akan terlalu banyak melakukan pertimbangan-pertimbangan yang berakhir pada timbulnya alasan untuk tidak melakukan apa yang harus dilakukannya.
Dengan membaca perbandingan tersebut, kita sudah bisa menyimpulkan alasan mengapa harus otak kanan yang dipilih dalam metode kita. Selain itu, OTAK KANAN BERSIFAT LONG TERM MEMORY dibandingkan dengan OTAK KIRI yang bersifat ingatan Jangka PENDEK atau SHORT TERM MEMORY.
Disebut Long Term Memory karena Otak Kanan adalah otak Imajinasi. Bahkan dengan mengoptimalkan Otak kanan, akan mempengaruhi seseorang dalam hal yang bersifat perasaan (intuisi) hal sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi.
Apa saja manfaat yang didapat dari mengoptimalkan otak kanan ?
Dengan Anda melakukan aktifasi/mengoptimalkan Otak Kanan Anda, tanpa Anda sadari Anda akan mengalami kualitas hidup Anda menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, Anda juga akan merasakan beberapa manfaat lainnya, seperti :
• Akan membantu untuk memaksimalkan fungsi otak secara keseluruhan.
• Akan mengalami sinkronisasi otak kiri dan otak kanan.
• Membantu mengasah kemampuan otak kanan serta otak kiri dengan seimbang.
• Dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi serta kemampuan berfikir.
• Mencegah terjadinya kepikunan di usia dini.
• Anda akan jauh lebih kreatif dalam mencari ide atau memecahkan suatu masalah.
• Timbulnya perasaan semangat, motivasi yang meningkat.
• Meningkatkan kemampuan Anda dalam menangkap sesuatu (daya tangkap meningkat).
• Kemampuan berpikir analitis Anda akan semakin tajam.
• Merangsang kecerdasan emosional (EQ).
• Meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ).
• Meningkatkan kemampuan relaksasi.
• Menjaga keseimbangan hormon agar Anda lebih sehat.
• Akan lebih mudah membantu Anda mengendalikan emosi.
• Membantu menghilangkan stress serta membantu terhindar dari penyakit kepala.
• Akan membantu Anda untuk mengatasi masalah kesulitan pada saat belajar bahasa Asing.
• Hingga dapat membantu penuaan pada otak Anda.
Siapa saja yang cocok menggunakan Metode otak kanan ini ?
• Siapapun diri anda, anda bisa memiliki dan Mempelajari serta mempraktekkan metode MEMORY ini untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat serta konsentrasi anda…
• Sekretaris, yang sering diminta mengingat berbagai jadwal rapat atasannya
• Public Relation, Protokoler, HRD, Marketing, yang harus dengan routin mengerjakan semua kegiatan pekerjaan dan kesehariannya
• Mahasiswa, yang ingin lulus dengan nilai A karena dengan mudahnya mengingat dan menghafalkan pelajaran dan atau teknik, rumus-rumus, dan lainnya yang diajarkan oleh dosen.
• Siswa, yang ingin dengan mudah menghafalkan semua pelajaran bahkan rumus-rumus rumit sekalipun.
• Anak-anak, di mana pada masa-masa pembentukan kepribadian sudah dibiasakan menghafalkan dan mengingat sesuatu sesuai metode yang diajarkan.
• Semua orang yang ingin mudah menghafalkan apa saja yang ada di sekitarnya, baik yang menyangkut pekerjaan, rumah tangga, dan lain-lain…
• Manfaat dan Keuntungan yang anda Dapatkan?
• Guru dan calon guru yang ingin berhasil dan mendapatkan hasil pengajaran pada peserta didiknya dengan lebih Optimal lagi.
Masih ragu dengan metode ini ?
Bagi Anda yang masih awam mengenal metode ini, mungkin ada perasaan ragu / belum yakin. Hal itu wajar, mengingat tidak banyak orang yang mengetahui metode ini, namun tidak sedikit pula orang yang berhasil melakukan metode ini. Dan untuk menjawab rasa keraguan Anda berikut simak beberapa orang yang berhasil terbantu melalui metode aktivasi otak kanan dengan FlashOne.

TRIK KEREN BUAT NGASAH OTAK KANAN.
Cobain Deh Trik Ini

Teman-teman, sering banget saya mendengar keluhan-keluhan dari teman-teman “saya ngga kreatif”, saya kok nilainya jelek”. Sebenernya nih kata-kata seperti itu bikin sugesti kita tambah melempem alias kacau beliau saja. Kenapa? Karena apa yang kita katakan akan masuk ke dalam otak bawah sadar kita kemudian menjadi bagian dari kehidupan kita. Ciyuss… mangkanya hati-hati dengan perk…ataan kita. “aku udah tau yang kayak ginian”. Iya tahu, tapi kadang kita kurang mengaplikasikannya toh?

Nah, kreatifitas itu sangat berhubungan erat dengan otak bagian kanan kita. Udah pada faham lah ya otak kanan dan kiri itu fungsinya apa aja? Ngga perlu saya bahas lagi.

Intinya otak kanan adalah otak emosi, intuitif, spasial dan uniknya otak kanan itu bekerja berdasarkan Kaleidoskop dan berpikir lateral. Maksudnya? Maksudnya otak kanan itu ketika bertemu dengan masalah dia akan melihat masalah dari berbagai sisi sampai kepada hal-hal yang berbeda. Dan inilah salah satu hal yang terpenting dari otak, mengambil keputusan yang TEPAT.
Beda dengan otak kiri, otak kanan itu mikirnya ngga konvensional, ngga sistematis, apalagi terstruktur. Dia loncat-loncat. Kadang kalau temans seorang penulis, ide nulis tiba-tiba berloncatan gitu aja. Nah, itu adalah ciri ketika otak kanan kita lagi ON. “Kalo loncat-loncat kayak gitu berarti ngga fokus dong?” Nah, itulah fungsinya otak kiri. Otak kirilah yang bertugas merapikan hasil dari otak kanan.

Oke, kemarin kita udah bahas gimana caranya ngembangin otak kanan kita. Ada tambahan lagi nih gimana caranya supaya otak kanan kita bisa ON.

1. Ketika kita menyelesaikan masalah atau kerjaan atau apapun itu, buatlah pertanyaan “Ada ngga sih cara lain untuk menyelesaikan ini?” pertanyaan kayak gini bakal bikin otak kanan kita bekerja cepat dan menemukan hasil terbaik. Ngga percaya? Cobain deh…

2. Keluar dari kebiasaan-kebiasaan. Contoh deh, kenapa Bob Sadino itu sukses setengah jagad. Dia keluar dari kebiasaan-kebiasaan hidupnya. Dari yang tadinya karyawan biasa dia keluar untuk jadi seorang penjual telur keliling di komplek-komplek. Orang otak kanan lebih cenderung ngambil keputusan yang ngga biasa dan beda ama orang kebanyakan. Kalo orang otak kiri alurnya SD, SMP, SMA, Kuliah, Kerja Nikah beda dengan orang otak kanan. Alurnya bisa gini: SD, Organisasi, SMP, Jualan, SMA, Naik Gunung, Kuliah, Bisnis, Nikah, Lulus. Alurnya loncat-loncat.

3. Coba deh main game kayak Rubik gitu. Tau kan/ Rubik ini bisa ngasah otak kanan. Melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda. Dia tenang kalo nemuin masalah. Adrenalin semakin meningkat, maka semakin senanglah otak kanan….

4. Kalo nemu masalah coba deh tenangin diri dulu. Lalu liat dari masalah tersebut ada ngga ide-ide segar yang bikin kita keluar dari masalah tersebut. Ibaratnya jika masalah ada satu, maka ide harus lebih dari satu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

5. Nah, otak kanan juga pantang yang namanya dia ngeluh. Dia akan selalu mendapatkan energi-energi baru untuk menyelesaikan masalahnya. Otak kanan = bawah sadar. Jadi, jangan pernah masukin kata-kata ngeluh. Kalo ngga, hidup kita bakal blingsatan deh. Ciyuss..

6. Kalo ada ide-ide baru yang datang dari orang lain, coba pikirkan ide tersebut lalu tambah-tambahin tuh ide jadi ide yang lebih baik. Ini yang namanya kreatif. Salah ngga? Ngga ada yang salah selama emang ngga jiplak plek.

7. Satu lagi. Coba deh lihat setiap segala macam masalah kayak kita ngeliat rumah kita dari helikopter. Semakin ke atas helikopter kita semakin luas kan? Begitu juga dengan masalah…lihatlah masalah yang kita temui dengan cara naik ke helikopter. Ngeliat dari atas.

Oke deh, semoga bermanfaat ya… baru nemu ide nih…ane langsung capcus dulu cyin…
share ke kawan-kawan ya..supaya berkah nih tulisan..Lihat Selengkapnya
Sumber Face book Ardi Gunawan

MEMAHAMI TERAPI GELOMBANG OTAK

Apa itu Gelombang Otak?

Otak Anda terdiri dari milyaran sel otak yang disebut neuron. Setiap neuron saling berkomunikasi (menjalin hubungan) dengan memancarkan gelombang listrik. Gelombang listrik yang dikeluarkan oleh neuron dalam otak inilah yang disebut “gelombang otak” atau brainwave. Jadi yang disebut gelombang otak adalah “arus listrik” yang dikeluarkan oleh otak. Apabila otak tidak lagi mengeluarkan gelombang otak, maka kita tahu bahwa otak tersebut sudah mati.

Gelombang otak bisa diukur dengan peralatan Electroencephalograph (EEG). Diketahui bahwa frekuensi gelombang otak yang dihasilkan oleh neuron bervariasi antara 0-30 Hz dan digolongkan menjadi gelombang delta, theta, alpha dan beta. Setiap gelombang punya karakteristik yang berbeda-beda serta menandakan kondisi mental seseorang.

Ilustrasi gelombang listrik (brainwave) yang dikeluarkan oleh neuron otak.
Grafik gelombang otak dari Delta hingga Beta.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai karakteristik empat jenis gelombang otak yang umumnya muncul pada setiap orang.

Gelombang Beta: Waspada, Konsentrasi.
Kondisi gelombang otak Beta (13-30 Hz) menjaga pikiran kita tetap tajam dan terfokus. Dalam kondisi Beta, otak Anda akan mudah melakukan analisis dan penyusunan informasi, membuat koneksi, dan menghasilkan solusi-solusi serta ide-ide baru. Beta sangat bermanfaat untuk produktivitas kerja, belajar untuk ujian, persiapan presentasi, atau aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi dan kewaspadaan tinggi.

Gelombang Alpha: Kreativitas, Relaksasi, Visualisasi
Gelombang otak Alpha (8-13 Hz) sangat kontras dibandingkan dengan kondisi Beta. Kondisi relaks mendorong aliran energi kreativitas dan perasaan segar, sehat. Kondisi gelombang otak Alpha ideal untuk perenungan, memecahkan masalah, dan visualisasi, bertindak sebagai gerbang kreativitas kita.

Gelombang Theta: Relaksasi mendalam, Meditasi, Peningkatan Memori
Lebih lambat dari Beta, kondisi gelombang otak Theta (4-8 Hz) muncul saat kita bermimpi pada tidur ringan. Atau juga sering dinamakan sebagai mengalami mimpi secara sadar. Frekuensi Theta ini dihubungkan dengan pelepasan stress dan pengingatan kembali memori yang telah lama. Kondisi “senjakala” (twilight) dapat digunakan untuk menuju meditasi yang lebih dalam, menghasilkan peningkatan kesehatan secara keseluruhan, kebutuhan kurang tidur, meningkatkan kreativitas dan pembelajaran.

Gelombang Delta: Penyembuhan, Tidur Sangat Nyenyak.
Kondisi Delta (0.5-4 Hz), saat gelombang otak semakin melambat, sering dihubungkan dengan kondisi tidur yang sangat dalam. Beberapa frekuensi dalam jangkauan Delta ini diiringi dengan pelepasan hormon pertumbuhan manusia (Human Growth Hormone), yang bermanfaat dalam penyembuhan. Kondisi Delta, jika dihasilkan dalam kondisi terjaga, akan menyediakan peluang untuk mengakses aktivitas bawah sadar, mendorong alirannya ke pikiran sadar. Kondisi Delta juga sering dihubungkan dengan manusia-manusia yang memiliki perasaan kuat terhadap empati dan intuisi.

Pandangan keliru yang selama ini ada dalam benak banyak orang adalah otak hanya menghasilkan satu jenis gelombang pada suatu saat. Saat kita aktif berpikir kita berada pada gelombang beta. Kalau kita rileks kita berada di alfa. Kalau sedang melamun, kita di theta. Dan, kalau tidur lelap kita berada di delta. Pandangan itu salah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada suatu saat, pada umumnya, otak kita menghasilkan empat jenis gelombang secara bersamaan, namun dengan kadar yang berbeda. Misalnya dalam kondisi tidur, otak kita lebih banyak memproduksi gelombang delta, tapi tetap memproduksi theta, alpha dan beta walaupun kadarnya sedikit.

Setiap orang punya pola gelombang otak yang unik dan selalu konsisten. Keunikan itu tampak pada komposisi jenis gelombang pada saat tertentu. Komposisi gelombang otak itu menentukan tingkat kesadaran seseorang. Meditasi adalah salah satu cara paling kuno untuk mengatur pola gelombang otak. Sedangkan bagi masyarakat modern yang sibuk, teknologi Brainwave Entrainment menjadi salah satu cara favorit untuk mengatur pola gelombang otak agar sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya, selain 4 jenis gelombang yang kami sebutkan diatas (Delta, Theta, Alpha dan Beta) masih ada gelombang otak yang lebih tinggi yaitu Gamma dengan frekuensi 40-99 Hz, HyperGamma dengan frekuensi tepat 100 Hz dan gelombang Lambda dengan frekuensi tepat 200 Hz. Menurut Dr. Jeffrey. D. Thompson, dari Center for Acoustic Research, gelombang HyperGamma dan Lambda berhubungan dengan kemampuan supranatural, metafisika atau paranormal.

Sedangkan Gelombang Gamma terjadi ketika seseorang mengalami aktifitas mental yang sangat tinggi, misalnya sedang berada di arena pertandingan, perebutan kejuaraan, tampil dimuka umum, sangat panik, ketakutan, terburu-buru karena dikejar deadline pekerjaan atau keadaan lain yang sangat menegangkan bagi orang tersebut.

Apa Itu Brainwave Entrainment?

Pola gelombang otak Anda menentukan keadaan mental Anda. Apakah Anda sedang bersemangat, berenergi, produktif, kreatif, bergembira atau sedang malas, sedih, stress, cemas, susah konsentrasi atau depresi, semua itu dipengaruhi oleh pola gelombang otak yang dikeluarkan oleh sel-sel saraf di otak Anda.

Gelombang otak menentukan keadaan pikiran Anda. Brainwave entrainment merupakan sebuah cara untuk mengatur pola gelombang otak Anda sesuai kebutuhan, agar anda mendapatkan kondisi pikiran sesuai yang Anda inginkan.

Dalam bahasa Inggris, Brainwave Entrainment dikenal juga dengan nama brainwave synchronization dan brainwave stimulation. Di Indonesia Brainwave Entrainment dikenal dengan nama Terapi Gelombang Otak, Stimulasi Gelombang Otak atau Sinkronisasi Gelombang Otak. Untuk tujuan penulisan artikel ini, kami menyebutnya Brainwave Entrainment karena istilah ini lebih universal.

Brainwave Entrainment bisa didefinisikan sebagai suatu usaha merangsang otak agar menghasilkan gelombang otak dengan pola/frekuensi tertentu sesuai kebutuhan. Cara perangsangannya bisa dengan gelombang suara atau kilatan cahaya. Dari dua cara tersebut, yang paling populer adalah perangsangan gelombang suara karena dinilai lebih efektif, lebih murah dan mudah digunakan.

Fenomena “entrainment” pertama kali ditemukan pada tahun 1665 oleh seorang ilmuwan Belanda bernama Christian Huygens. Dia punya sebuah ruangan yang berisi beberapa jam bandul (jam kuno yang ada bandul sebagai penggerak). Dia mengamati, waktu demi waktu gerakan bandul menjadi selaras antara satu jam dengan jam lainnya. Padahal pada awalnya gerakan bandul jam tersebut tidak selaras.

Christian Huygens mengulang percobaannya beberapa kali. Dia mulai dengan menggerakkan bandul jam secara berbeda-beda dan hasilnya selalu sama, yaitu: setelah beberapa saat semua bandul jam tersinkronisasi dengan sendirinya. Huygens kemudian menyebut keadaan ini dengan istilah “entrainment”. Sedangkan untuk Brainwave Entrainment sendiri baru muncul sejak tahun 1839. Diawali sejak Heinrich Wilhelm Dove menemukan Binaural Beats.

Dalam dunia teknologi pikiran dikenal dengan “frequency following response” yang merupakan fenomena alami yang dimiliki otak manusia. Frequency Following Response adalah sebuah keadaan dimana otak cenderung menyesuaikan frekuensinya dengan frekuensi rangsangan suara atau cahaya yang diterima otak melalui telinga atau mata.

Brainwave Entrainment bisa terjadi dengan sengaja atau tanpa sengaja. Ketika Anda mengalami perubahan gelombang otak menyesuaikan apa yang Anda lihat atau Anda dengar, itu sudah termasuk Brainwave Entrainment. Anda pernah mengalami Brainwave Entrainment walaupun mungkin Anda tidak menyadarinya. Kejadian sehari-hari yang mengandung unsur brainwave entrainment adalah:
1. Anda sedang duduk diam di dekat pantai sambil mendengar deburan ombak dan riak air yang rata-rata ada 10 suara setiap detik. Maka otak Anda akan merespon dengan memproduksi gelombang alpha dengan frekuensi sekitar 10 Hz sehingga Anda merasa rileks, santai dan damai.
2. Sambil beristirahat, Anda mendengarkan musik piano dengan 6 ketukan setiap detiknya, maka otak Anda akan memunculkan gelombang theta, yang mana hal ini akan membuat Anda sangat rileks dan otak Anda menjadi lebih kreatif.
3. Anda mengemudi di malam hari, melewati jalan yang lancar dan ada lampu penerangan di sepanjang jalan. Misalnya Anda melaju pada kecepatan tertentu yang mana Anda melewati 20 lampu setiap detiknya, maka otak Anda akan banyak memproduksi gelombang otak beta dengan frekuensi 20 Hz. Sehingga Anda tetap waspada ketika mengemudi. Seandainya Anda memperlambat kendaraan Anda sehingga Anda hanya melewati 7 lampu per detik, maka otak Anda akan memproduksi gelombang theta sehingga Anda bisa melamun ketika menyetir.
4. Di tempat yang terang, Anda membuka-tutup mata Anda dua kali per detik dan Anda lakukan ini selama kurang lebih 7 menit, Maka otak Anda akan menghasilkan gelombang otak delta dengan frekuensi 2 Hz. Dengan frekuensi serendah ini, Anda akan merasa kantuk.
Kejadian sehari-hari bisa mempengaruhi perubahan gelombang otak Anda. Lalu mengapa Anda butuh stimulasi gelombang otak berteknologi? Anda butuh teknologi karena teknologi memberikan hasil yang lebih akurat dan manfaatnya jangka panjang. Stimulasi alami tidak bisa menghasilkan pola gelombang otak yang kompleks untuk menghasilkan kondisi mental yang spesial, misalnya untuk tujuan mengatasi kecemasan atau mengurangi rasa sakit.
Ada tiga teknologi suara yang digunakan dalam brainwave entrainment, yaitu: binaural beats, monaural beats dan isochronic tones. Semuanya efektif dan sudah terbukti secara ilmiah, namun masing-masing punya cara kerja yang berbeda. Setiap teknologi suara juga punya kelebihan dan kelemahan tersendiri. Kami akan bahas satu per satu secara singkat.

Binaural Beats

Bentuk Gelombang Binaural Beats

Binaural Beats merupakan teknologi Brainwave Entrainment paling tua. Ditemukan oleh seorang peneliti Jerman, Heinrich Wilhelm Dove pada tahun 1839. Namun pada waktu itu tidak populer karena Heinrich Dove sulit membuktikan teorinya secara ilmiah. Pada saat itu alat pengukur gelombang otak belum ditemukan.

Baru 140 tahun kemudian, seorang pria bernama Gerald Oster menulis artikel “Auditory Beats in the Brain” yang kemudian memicu banyak penelitian ilmiah mengenai Binaural Beats. Teknologi binaural beats kemudian dikembangkan oleh seorang ahli fisika Thomas Campbell, Dennis Menerich dan Robert Monroe. Mereka menemukan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aplikasi binaural beats. Mulai dari relaksasi, meditasi sampai membantu proses penyembuhan penyakit fisik maupun psikologis.

Binaural beats merupakan brainwave entrainment yang paling populer karena usianya yang paling tua. Prinsip binaural beat adalah memberi stimulasi telinga kanan dan kiri dengan frekuensi yang berbeda sehingga otak membentuk frekuensi baru. Misalnya gelombang suara dengan frekuensi 510Hz diperdengarkan pada telinga kiri dan frekuensi 500Hz diperdengarkan pada telinga kanan, maka otak akan merespon dengan memunculkan frekuensi 10Hz.

Kelebihan binaural beat:
• Jangkauan frekuensi yang bisa didapatkan lebih luas, mulai dari yang frekuensi terendah sampai frekuensi tertinggi.
• Pilihan produk Brainwave Entrainment berbasis Binaural Beats lebih banyak karena teknologi ini sudah aja sejak puluhan tahun yang lalu.
• Paling banyak diteliti dan dibuktikan efektivitasnya melalui riset ilmiah.
• Bisa ditambahkan background noise atau musik pengiring tanpa mengurangi kualitas stimulasi otak.
• Mampu menstimulasi otak kiri dan otak kanan sekaligus untuk mensinkronkan seluruh otak.
Kekurangan binaural beat:
• Diperlukan kualitas rekaman yang cukup tinggi untuk hasil maksimal.
• Harus menggunakan headphone stereo.
• Dibutuhkan waktu lebih lama bagi otak untuk menghasilkan gelombang otak yang diharapkan.
• Tidak bisa menstimulasi salah satu bagian otak saja.

Kehebatan otak kanan manusia
Salah satu bukti kesempurnaan manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna adalah, diberinya kemampuan manusia yang bernama otak kanan. Dimana kemampuannya dapat mengakses langsung ke sang pencipta melalui “the god spot” dan otak bawah sadar. Kapasitas penyimpanan memorinya juga tidak terbatas.tapi byk manusia yg tdk mengetahuinya.
Kemampuan otak manusia
(sumber: saujana – sejauh mata memandang/ metro tv)
1.
dapat berpikir secara kompleks dan memiliki pola/susunan yg nyaris serupa dg struktur alam semesta
2. Dapat berkomunikasi dg lingkungan sekitarnya
3. Pikiran mampu mengendalikan lingkungan sekitarnya
4. Memiliki kapasitas memory hingga 70 triliun giga byte (bandingkan dg super komputer yg hanya memiliki memory 1000 giga byte)
5. Otak manusia dapat membuat bayangan alam semesta, hampir sama dg proses holografi
6. Hal ini dapat terjadi karena pikiran manusia terhubung dg alam semesta (universal consiusness)
7. Pikiran manusia saling terhubung dan dapat melakukan komunikasi (contoh jika anda sgt mengharapkan sesuatu secara kuat lalu tiba2 ada orang memberi anda hadiah barang yg anda harapkan itu)
8. Anda adalah apa yg anda pikirkan.

Semoga informasi ini dpt menyadarkan manusia, bahwa belum seberapa kapasitas otaknya yg terpakai. ( by armanbugis@yahoo.co

anda bukan sembarang orang
Ingat wahai saudaraku, kalian bukanlah orang sembarangan atau orang biasa, melainkan anda adalah produk tuhan.
Kenapa anda produk tuhan? Karena anda bukan produk ibu bapaknya.
Ibu bapak kita hanyalah menjadi wadah tempat tuhan yang maha kuasa menciptakan makhluknya bernama manusia.
Jika anda adalah produk tuhan maka apakah sama dengan produk manusia?
Tentu berbeda sangat jauh, bukankah jika anda menyepelekan dirinya sendiri sama dengan anda menyepelekan produk tuhan bernama manusia?
Bukankah jika anda menyepelekan anak didiknya adalah sama dengan anda menyepelekan produk tuhan?
Maka sangat wajar jika manusia memiliki kelebihan yang sempurna.
Tapi apakah manusia menyadari dirinya sebagai produk tuhan?
Manusia Berlaku Dzholim Terhadap Otaknya
Betapa tidak, utk organ tubuh lainnya kita berlaku adil, lihatlah kedua kaki kita perlakukan secara adil dengan menggunakan keduanya secara seimbang, begitupun tangan juga digunakan kedua2nya secara seimbang, mata pun demikian, telingapun juga digunakan secara adil antara kiri dan kanan, sampai urusan ginjal, paru2, hidung, semua kita gunakan secara seimbang, tidak ada yang diperlakukan secara tidak adil.

Coba anda bayangkan seandainya kita berlaku tidak adil :

contohnya:
kaki kita cukup yang kiri saja kita pakai…yang kanan sekali-kali aja.
Tangan pun kita pakai yang kiri aja..yang kanan sekali-kali aja…
Bagaimana kalau semua indera kita diperlakukan secara tidak adil.

Akibatnya tentu aktifitas kita tidak maksimal dan cenderung seperti orang cacat.

Yang menjadi pertanyaan besar.. !

“kenapa anda tidak memperlakukan kedua belah otaknya secara seimbang?”…

Bukankah anda berlaku dzholim dengan otak anda..jika hanya menggunakan otak kirinya saja, hanya sekali-kali menggunakan otak kanannya…

Maka pantaslah kalau bangsa ini tidak maju-maju karena berlaku dzholim terhadap otaknya.

Pantas lah jepang maju, karena berlaku adil terhadap otaknya, dengan menggunakan kedua belah otaknya secara seimbang sejak dini.

Perlu dipikirkan bangsa ini jika ingin maju seperti jepang, china, singapore, dll. Semoga bisa membuka mata hati kita tentang kekeliruan ini.

Salam otak kanan- armanbugis@yahoo.com

MENGUNGKAP DAHSYATNYA OTAK KANAN MANUSIA

“Seseorang yang pernah juara Olympiade Matematika dan Fisika bukan jaminan untuk bisa memiliki pribadi yang unggul dan sukses. Karena mereka hanya mengandalkan otak kiri saja, bukan otak kanan. Pantas, bila bangsa kita kalah dengan bangsa lain. Itu akibat, otak kanan yang tidak terasah.”

Demikian dikatakan Arman Andi Amirullah, Direktorat Pembinaan TK & SD Departemen Pendidikan Nasional Pusat, dalam Seminar Sehari “Mengungkap Rahasia Otak Kanan Anak” di aula Kelurahan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Rabu (19/1/2011) lalu. Pembicara lain dalam seminar ini adalah Dra Dhauharah Bawazir, Psi, M.Pd, praktisi pendidikan yang juga seorang dosen psikologi dan bimbingan konseling Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Menurut Arman, ternyata tidak semua orang tahu perihal kehebatan dan rahasia otak kanan manusia. Uniknya, berbagai macam respon timbul ketika mendengar informasi tentang otak kanan. Ada yang menganggap biasa-biasa saja, ada yang sama sekali tidak pernah mendengar, ada yang tidak percaya bahwa otak manusia terbagi dalam dua bagian dengan fungsinya masing-masing.
Respon lain, ada yang menganggap bahwa otak kanan berfungsi atau aktif secara otomatis, apabila organ tubuh bagian kiri sedang bergerak, bahkan ada anggapan tidak ada pembagian otak kiri, otak kanan, maupun otak tengah. Yang mereka percayai, otak manusia hanya satu.

….Karena mereka hanya mengandalkan otak kiri saja, bukan otak kanan. Pantas, bila bangsa kita kalah dengan bangsa lain. Itu akibat, otak kanan yang tidak terasah….

“Maka pantaslah jika Indonesia tertinggal jauh dari negara-negara lain, Karena tidak tahu kehebatan otak kanannya. Ketika manusia tidak mengetahui rahasia otak kanannya, bisa dipastikan dirinya bukanlah orang kreatif, kurang peduli, kurang inovasi, kurang kreasi, tidak sungguh-sungguh, dan kurang ikhlas,” ujar Arman.
Otak kanan yang tidak pernah diasah, lanjut Arman, juga bisa mengakibatkan seseorang kehabisan ide, kurang rasa ingin tahunya, kurang disiplin, kurang tanggungjawab, kurang menghargai orang lain, kurang menghargai keindahan, kurang menghargai kekuatan hati, kekuatan cinta dan sebagainya. “Maka apakah kita masih mau menunda-nunda untuk mengaktifkan otak kanan anak-anak bangsa?” kata Arman prihatin.

Islam dan Otak Kanan

Lebih jauh Arman menjelaskan, Islam adalah agama merangsang otak kanan manusia menjadi berfungsi. Betapa tidak, ketika kita mencoba memahami bagaimana pergantian malam dan siang terjadi, seperti dijelaskan dalam Al Qur’an, tentu diperlukan daya imajinasi untuk bisa merasakan kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta, menumbuhkan aneka tumbuhan, dan bagaimana Sang Khaliq menurunkan hujan.
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata: “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka” (Qs. Ali Imran 190-191).

“Tanpa bantuan imajinasi(otak kanan), kita tidak sanggup melihat dan merasakan langsung tanda-tanda yang dimaksud, dan tidak sanggup memikirkan penciptaan langit dan bumi,” ungkap Arman.
Bahkan dalam hadits Nabi dikatakan: “Sembahlah Tuhan-Mu seakan-akan engkau melihatnya, dan apabila kamu tidak sanggup melihat-Nya, maka yakinlah bahwa Allah melihat kamu.”
Sangat jelas dalam hadits ini, perintah untuk seolah-olah melihat Allah dalam shalat adalah pekerjaan imajinasi atau kemampuan “membayangkan.” Seperti kita ketahui, sepertiga dari ayat-ayat suci Al Quran adalah bercerita tentang kisah jaman dahulu dan banyak menggunakan kata perumpamaan: seakan-akan, seperti, yang tentunya membutuhkan daya imajinasi yang kuat. “Tahukah Anda kalau daya imaninasi adalah tanggungjawab otak kanan?” kata Arman.

Hasil Penelitian Mutakhir

Tahukah Anda, bahwa kemampuan otak kanan itu memiliki kapasitas 90% dan otak kiri hanya 10-12%. Hasil penelitian mutakhir di AS menyebutkan, peran logika dalam membuat orang menjadi sukses hanya 4-6%, sedangkan 94-96% adalah tanggungjawab otak kanan yang banyak berhubungan dengan inovasi, kreativitas, naluri, intuisi, daya cipta, kejujuran, keuletan, tanggungjawab, kesungguhan, spirit, kedisiplinan, etika, empati dan lain-lain.
Sedangkan tugas otak kiri adalah yang selalu berhubungan dengan angka-angka, bahasa, analisa, logika, intelektual, ilmu pengetahuan. Adapun otak kanan bertanggungjawab dalam hal imajinasi, kreativitas, seni, music, inovasi, daya cipta, intuisi, otak bawah sadar, keikhlasan, kebahagiaan, spirit, keuletan, kejujuran, keindahan dan lain-lain. Selain diurusi oleh otak kiri maka menjadi urusan otak kanan.

….Otak kanan dapat merekam dengan cepat dan tersimpan selamanya dalam memori otak. Sel-sel darah manusia dapat menjadi cadangan tempat penyimpanan memori manakala memori otak kita penuh. Kapasitas kemampuan otak kanan dalam menyimpan memori mencapai 10 pangkat 5 juta kilometer….

Dikatakan Arman, otak kanan, sesungguhnya dapat merekam dengan cepat dan tersimpan selamanya dalam memori otak. Sel-sel darah manusia dapat menjadi cadangan tempat penyimpanan memori manakala memori otak kita penuh. Perlu diketahui, kapasitas kemampuan otak kanan dalam menyimpan memori mencapai 10 pangkat 5 juta kilometer, yang kalau dihitung deretan angka nol di belakangnya adalah sebanding dengan jarak antara bumi dan bulan 14 kali pulang pergi.
Lalu apa pentingnya imajinasi? Lebih jauh, Arman memberi contoh, Albert Einstein menemukan teori relativitas karena kekuatan imajinasinya. Kemudian sewaktu duduk di bangku sekolah, gurunya mengajari Einstein tentang kekuatan daya imajinasi.
Ingat..salah satu rahasia kecerdasan orang Yahudi adalah kekuatan imajinasi, mereka menganggap imajinasi lebih kuat dari kenyataan.
Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi bisa sukses, bukan karena ilmu finance yang mereka pelajari di Sorbonne Prancis, akan tetapi karena kemampuan daya imajinasi seorang Andrea, kreatif meramu perjalanan hidupnya menjadi suatu cerita yang menarik, lalu ditulislah kedalam bentuk Novel Tetralogi Laskar Pelangi—sekarang menjadi novel berkelas dunia karena sudah dialihbahasakan ke dalam berbagai bahasa. Novelnya kemudian difilmkan dan sukses di pasaran.
Salah satu orang yang bisa membiayai untuk berwisata ke luar angkasa adalah pembuat game computer dari Amerika Serikat (AS), keahlian untuk merancang game komputer, tentunya membutuhkan kemampuan imajinasi yang tinggi.
Bahkan orang terkaya di dunia, Billy Gates, pemilik Microsoft adalah seorang yang drop out dari perguruan tinggi. Tapi jangan ditanya soal tekad dan daya imajinasi yang tinggi, sehingga mampu mendirikan perusahaan Microsoft yang dibangun dengan modal tekad yang kuat.
Bahkan, Matshushitya Konoshuke, pemilik perusahaan elektronik Jepang “Panasonic” adalah mantan penjaga toko sepeda. Termasuk motivator sekaligus penulis buku terkenal Andri Wongso adalah anak dari keluarga miskin di Malang yang tidak tamat sekolah dasar, tapi karena keberaniannya bermimpi (daya imajinasi) akhirnya menjadi bintang film di Hongkong serta membuat kata-kata mutiara yang ditulis di kertas pembatas buku bernama Harvest. Itu artinya, cerdas saja tidak cukup, tapi diperlukan kreativitas dengan selalu mengasah imajinasi, dalam hal ini merangsang otak kanannya.

God Spot

Peneliti “Neuorolog” Michael Persinger di awal tahun 1990-an dan VS. Ramachandran bersama timnya di Universitas California. Barat pernah meneliti, adanya titik Tuhan (God Spot) dalam otak manusia. Ternyata, pusat spiritual yang terpasang ini terletak di antara hubungan-hubungan syaraf dalam cuping-cuping temporal otak. Melalui pengamatan terhadap otak dengan topografi emisi, positron, dan area-area syaraf tersebut akan bersinar manakala subjek penelitian diarahkan untuk mendiskusikan topic spiritual atau agama.( Berguru Kepada Allah, Abu Sangkan,2009)
Menurut ahli syaraf, syaraf ini memiliki gejala yang unik, karena tidak teraliri oleh darah sepanjang hari, namun tidak mati. Syaraf ini butuh darah hanya 2-4 detik saja sebanyak 5 kali sehari. Syaraf ini diyakini sebagai chip atau modem yang ditanam oleh Allah ke dalam otak manusia agar mampu mendeteksi hal-hal yang berhubungan dengan spiritual dan ilmu yang datangnya langsung dari Sang Pencipta melalui ilham.
Sebaliknya, apabila syaraf ini tidak aktif, maka orang tersebut sulit untuk menerima hal-hal yang berbau moral/etika, apalagi spiritual. Mungkin pula syaraf ini yang tidak aktif pada anak kita, sehingga sulit untuk membentuk karakter anak yang pada akhirnya nyaris gagal membangun karakter bangsa ini.
….Otak kanan memiliki kemampuan dalam hal rasa empati, kemampuan berkolaborasi dengan hati, dan kemampuan daya kreatif….

“Otak kanan memiliki kemampuan dalam hal rasa empati atau kepedulian yang tinggi. Otak kanan juga memiliki kemampuan berkolaborasi dengan hati, memiliki kemampuan daya kreatif dan seni yang tinggi. Keistimewaan otak kanan juga memiliki gelombang otak bernama gelombang alfa. Gelombang ini yang bisa merasakan keikhlasan, kebahagiaan, ketenangan, kekhusyukan, relaxi, hening, kepuasan, imajinatif dan seterusnya.

Praktisi pendidikan Djauharah Bawazir menambahkan, untuk memfungsikan otak kanan anak, perlu merubah metode dan paradigma guru dan pendidikan kearah pembelajaran yang lebih baik dan efesien. “Pendidik harus focus. Setelah merubah paradigma, lalu ditanamkan kesadaran, disiapkan mental berjuang dan pengorbanannya. Ingat, guru itu digugu dan ditiru,” kata Djauharah yang juga Dosen PGTK Bunyan.

Kata Djauharah, ketika paradigma diubah, maka seorang pendidik akan diikuti anak didiknya tanpa paksaan, disegani tapi dicintai, menjadi teladan, mengarahkan, membangun semangat, mengembangkan cita-cita, dan memotivasi. Ketika pola didik dilakukan secara maksimal, maka terbentuklah karakter manusia yang berilmu, bertakwa, ikhlas, santun, tanggungjawab dan sabar.

“Seorang pendidik ketika memberikan hukuman kepada anak didiknya, bukanlah pelampiasan kekesalan, tapi untuk kebaikan anak didiknya. Jangan buat anak susah, ketakutan, dan tertekan di kelas, sehingga menyebabkan anak tidak kreatif. Pendidik yang sukses adalah ketika anak didiknya selalu senang dan bersemangat pergi ke sekolah dan ingin sekali bertemu dengan gurunya,” tandas penulis buku Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) itu. [Desastian]

BEKASI 4 DESEMBER 2014

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s